Selasa, 05 Maret 2013

PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK



MACAM-MACAM PERALATAN DAN CARA MEMPERBAIKINYA

MIXER
  1. Kerusakan dan cara memperbaiki bagian-bagian MIXER
A.      Kerusakan pada motor
Kerusakan ini disebabkan oleh:
·         Tegangan yang dipakai tidak sesuai dengan tegangan kerja peralatan,sehingga motor akan terbakar.
·         Adanya hubung singkat pada belitan motor
·         Sikat pada motor aus,timbul percikan bunga api.
Gantilah sikat arang yang baru sesuai dengan ukuran dan tipe yang sama (Asli)

B.      Roda gigi
   Roda gigi terletak diatas pengaduk dan ditahan oleh klemplat.untuk melepas roda gigi harus melepas bautnya terlebih dahulu roda gigi harus sering diperiksa apakah aus/giginya ada yang patah.Gigi yang patah dapat menyebabkan suara yang keras/dapat menyebabkan pengaduk berhenti berputar.                                                                                                                                                                                          Gantilah kedua roda gigi tersebut dengan yang baru dengan memberi  silicon sebelum memasang kembali.Roda gigi harus ditandai dengan titik/tanda panah agar dapat menempatkan kembali dengan benar jika telah terpasang putar poros motor dengan tangan sampai roda gigi berputar dengan benar.
C.      Pengaduk
   Pengaduk dapat berputar karena diputar oleh motor.Bila pengaduk bengkok/rusak maka harus diganti dengan yang baru dengan tipe yang sesuai.
D.      Kipas
   Kipas dipasang dekat motor,bila MIXER bersuara keras atau bergetar berlebihan,maka baling-baling kipas kemungkinan bengkok.Luruskan kembali dengan tang jika pembengkokan tidak memungkinkan/beberapa baling-baling telah bengkok,maka lebih baik diganti dengan yang cocok.kipas ditempatkan pada posisinya oleh klem penjepit di atas poros.buka sekrup klem penjepit untuk melepas kipas.
E.       Saklar
   Saklar terletak diatas rumah MIXER.Bila motor tidak berputar dan permasalahan tidak terjadi pada kabel penghubung maka kemungkinan kerusakan terjadi pada saklar.

F.       Kabel penghubung
   Kerusakan kabel penghubung ini disebabkan karena kelalaian dalam pemakaian dan perawatan.Periksa apakah kabel tersebut/tidak menggunakan Ohm Meter dan periksa apakah ada isolasi kabel yang terkelupas.Bila putus/terkelupas sebaiknya diganti dengan yang baru.

2.Perawatan MIXER
   Sebelum melakukan sesuatu terhadap MIXER,lepaskan tusuk kontak dari sumber tegangan.                       Perawatan terhadap MIXER dengan jalan pembersihan dan melumasi komponen-komponen,yaitu:
A.      Pelumasan motor
   MIXER mepunyai lubang minyak diatas motor.Lumasi masing-masing lubang dengan 2/3 tetes minyak setiap 2/3 bulan atau lebih jika MIXER sering digunakan.
B.      Pembersihan sisa makanan yang menempel pada mixer.
   Pembersihan sisa-sisa bahan makanan yang menempel pada motor dengan kain lunak,jangan menggunakan kertas penggosok/ampelas.
C.      Pembersihan bantalan-bantalan
   Setiap 1 tahun sekali,bersihkan dan lumasi bantalan tersebut dengan minyak mesin jahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar