Selasa, 05 Maret 2013

MOTOR LISTRIK



PENGAWATAN DAN PENGOPERASIAN MOTOR LISTRIK 1 FASA

   Motor listrik adalah alat penggerak mesin-mesin yang paling banyak di gunakan di industri.un tuk menjalankan motor listrik ini perlu peralatan dan pengamanan.kegiatan merakit,memasang,mengoperasikan,dan mengamankan motor listrik hingga motor listrik itu dapat bekerja sesuai dengan tujuan.
   Pengontrolan motor listrik menurut menurut fungsinya terdiri dari beberapa tahapan,yaitu pengontrolan saat mulai jalan (starting) Pengontrolan saat mulai jalan seperti pengontrolan kecepatan dan pembalikan arah putaran dan pengontrolan saat pemberhentian (stoping).
   Adapun dilihat dari penggunaan alat kontrolnya,pengontrolan dapat di bagi menjadi beberapa bagian yaitu:
1.PENGONTROLAN MANUAL (MANUAL CONTROL) yaitu pengontrolan dengan tangan artinya motor dijalankan dan di berhentikan menggunakan alat control manual berupa sakelar mekanik.sakelar ini di hubungkan dan di putuskan dengan tangan tidak dengan menggunakan alat bantu yang lain.
2.PENGONTROLAN SEMI OTOMATIS ialah menggunakan kontaktor magnet dan tombol tekan (push botton) yang di lengkapi dengan pengaman.Dengan pengontrolan ini penyaluran tenaga listrik ke motor-motor melalui kontaktor magnet.                                                                                                                                     Pengontrolan semi ototmatis dapat dikembangkan menjadi otomatis dengan menambahkan alat-alat control otomatis berupa sakelar pengapung (Float Switch),sakelat tekanan batas (Limit Switch),penunda waktu dan sakelat termis.
 3.PENGONTROLAN SECARA OTOMATIS sebagai contoh penggunaan pengontrolan otomatis pada mesin pompa air.Pengontrolan otomatis menggunakan Float Switch sakelar ini menghubungkan (menutup) bila air dalam tangki mencapai level terendah.                                                                                                Pengontrolan otomatis banyak didapati di industry dalam instalasi mesin produksi dan kebanyakan menggunakan saklar tekan batas.







1.PENGAWATAN DAN PENGOPERASIAN SECARA MANUAL
   Untuk pengawatan dan pengoperasian motor listrik 1 fasa secara manual digunakan alat penghubung atau sakelar manual.kontruksi sakelar manual ini bermacam-macam,akan tetapi cara bekerjanya sama yaitu pemutus dan penghubung rangkaian listrik pada saat rangkaian dialiri arus listrik.
A.MACAM-MACAM SAKLAR MANUAL
   Yang dimaksud saklar manual ialah saklar yang bekerja menghubung dan memutuskan dilakukan secara langsung oleh orang yang mengoperasikannya.saklar manual disebut juga saklar mekanis.                                          Pada saat memutus dan menghubungkan pada saklar akan terjadi percikan bunga api terutama pada beban yabg besar dan tegangan yang tinggi.
    Dalam instalasi motor listrik dikenal beberapa saklar manual diantaranya saklar togel (Toggel Switch) saklar ini adalah tipe saklar yang sangat sederhana juga banyak digunakan untuk motor-motor kecil.
beberapa jenis saklar togel,diantaranya:
1.       Saklar SPST (Single Pole Switch Throw Switch)
2.       Saklar SPDT (Single Pole Double Throw Switch)
3.       Saklar DPST (Double Pole Single Throw Switch)
4.       Saklar DPDT (Double Pole Double Throw Switch)
5.       Saklar TPST (Three Pole Single Throw Switch)
6.       Saklar TPDT (Three Pole Double Throw Switch)
7.       Drum Switch
8.       Cam Switch (Saklar Putar Cam)









2.PENGAWATAN DAN PENGOPERASIAN SECARA SEMI OTOMATIS DENGAN KONTAKTOR
   Motor-motor listrik yang mempunyai daya besar harus dapat dioperasikan  dengan momen kontak yang cepat agar tidak menimbulkan loncatan bunga api pada alat penghubung.salain itu dalam pengoperasian yang dapat dilengkapi dengan menggunakan alat penghubung saklar magnet yang biasa dikenal dengan KONTAKTOR.
KONTAKTOR MAGNET.
   Kontaktor magnet atau saklar magnet ialah saklar yang bekerja berdasarkan kemagnetan,artinya saklar ini bekerja jika ada gaya kemagnetan.Magnet ini berfungsi sebagai penarik dan pelepas kontak-kontak.Sebuah kontaktor harus mampu mengalirkan arus dan memutuskan arus dalam keadaan kerja normal (arus yang mengalir selama pemutusan tidak terjadi).Sebuah kontaktor kumparan megnetnya (COIL) dapat dirancang untuk arus searah (Arus DC) atau arus bolak-balik (Arus AC).                                          Kontaktor arus AC ini pada inti magnetnya dipasang cincin hubung singkat,gunanya adalah untuk menjaga arus kemagnetan agar continou sehingga kontaktor tersebut dapat bekerja normal.Sedangkan untuk arus DC tidak dipasang cincin hubung singkat.                                                                          Bila kontaktor untuk arus searah digunakan pada arus AC maka kemagnetannya akan timbul dan hilang setiap mengikuti bentuk gelombang arus AC,tetapi bila kontaktor yang dirancang untuk AC digunakan pada aus DC maka pada kumparan menjadi panas.
Ukuran dari kontaktor ditentukan oleh batas kemampuan arusnya.Biasanya pada kontaktor terdapat beberapa kontak,yaitu
1.       Kontak normal membuka (Normally Open = NO)
2.       Kontak normal menutup (Normally Close = NC)
   Kontak NO berarti saat kontaktor magnet belum bekerja kedudukannya membuka dan bila kontaktor bekerja kontak itu menutup/menghubung.Sedangkan kontak NC berarti saat kontaktor belum bekerja kedudukan kontaknya menutup dan bila kontaktor bekerja kontak itu membuka.Jadi fungsi kerja kontak NO dan NC berlawanan kontak NO dan NC bekerja membuka sesaat lebih cepat sebelum kontak NO menutup.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KONTAKTOR
Ø  Pelayanannya mudah
Ø  Momen kontak cepat
KERUGIAN MENGGUNAKAN KONTAKTOR
Ø  Mahal harganya
Ø  Perawatannya cukup sukar
Ø  Jika saklar putus maka kontaktor akan berhenti
ALAT-ALAT BANTU DAN PENGAMANAN
A.Pengamanan motor THERMAL Over Load Relay (TOR)
   Kontaktor yang diperdagangkan ada yang khusus kontaktor saja dan ada yang dilengkapi dengan alat pengaman motor.Alat pengaman motor tersebut disebut Over load Relay (TOR) atau beban lebih.Relay ini dihubungkan pada kontak utama 2-4-6 sebelum ke beban untuk memberi perlindungan kepada motor akibat beban lebih.
PENYEBAB TERJADINYA BEBAN LEBIH:
1.      Beban mekanik motor terlalu besar
2.      Arus start yang terlalu besar atau motor berhenti mendadak
3.      Terjadi hubungan singkat
4.      Terbuka salah satu fasa dari motor 3 fasa


1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus